(PDF) Tes Diagnostik Miskonsepsi pada Materi Gas Ideal dan Teori Kinetik Gas dengan Menggunakan Instrumen Berbentuk Soal Pilihan Ganda Beralasan Terbuka
Tes Diagnostik Miskonsepsi pada
Materi Gas Ideal dan Teori Kinetik
Gas dengan Menggunakan Instrumen Berbentuk Soal
Pilihan Ganda Beralasan Terbuka
Betavia
Kusindrastuti1, Novi Ayu Lestari2, Rizka Triana3,
Syafi’i Fahmi Bastian4
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Jl. Marsda Adisucipto,
Telp. (0274) 519739, Fax. (0274) 540971
e-mail: betavia.kusindrastuti1906@gmail.com
INTISARI - Konsepsi pembelajaran fisika masing-masing peserta didik berbeda.
Peserta didik cenderung kesulitan dalam memahami konsep fisika karena adanya
miskonsepsi. Miskonsepsi atau salah konsep menunjuk pada suatu konsep yang
tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang telah diuji dan
disepakati para pakar fisika. Miskonsepsi rawan terjadi dalam pembelajaran bila
tidak diperhatikan oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gas ideal dan teori
kinetik gas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif di mana pengumpulan
data dengan melakukan tes diagnostik. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta
didik kelas XI MIA 2 di MAN 3 Bantul. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk
soal pilihan ganda beralasan terbuka sejumlah 10 soal. Hasil tes diagnostik
menunjukkan adanya beberapa miskonsepsi bahkan hampir
tidak memiliki konsepsi pada pokok bahasan
persamaan keadaan gas.
Kata Kunci : gas ideal dan teori kinetik gas, miskonsepsi, tes diagnostic.
Komentar
Posting Komentar