Langsung ke konten utama

OPINI: GURU ANU BILANG, SERIUS ATAU TIDAK DALAM MENGAJAR ITU GAJINYA SAMA


GURU ANU BILANG, SERIUS ATAU TIDAK DALAM MENGAJAR ITU GAJINYA SAMA?

Guru anu seperti nya bikin sensai lagi. Kali ini dia memberi opini yang agak ngawur. Yahh.. sudah pernah saya ceritakan, kalau guru anu memang orangnya sedikit aneh. Dia sukanya yang nyeleneh-nyeleneh.

Mengingat keadaan yang agak liberal, orang-orang memiliki perspektif yang dianutnya. Guru anu tidak mau diam diri. Dia sebagai guru yang anu, mungkin resah atas yang terjadi. Apa yang terjadi dalam hidupnya coba di ungkapkan nya.

Guru anu berpendapat bahwa di sekolah kini banyak terjadi hal yang tidak sesuai dengan hatinya. Kegiatan di sekolah hanya sebagai formalitas administrasi saja. Hmmm. Hal ini dapat dilihat dari pola pikir orang-orang yang ada didalamnya.

Seorang guru layaknya di gaji negara dengan gaji yang sebanding. Sehingga, proses administrasi dari beberapa guru juga sama. Dalam jabatan yang sama, ditempat yang sama, jika ada dua guru dengan keseluruhannya sama, tapi ada sedikit perbedaan, yaitu tentang keseriusan dalam mendidik.

Apa yang terjadi jika ada pemikiran seperti itu. Guru anu berkata :
"Lah wong saya ngajar serius sama tidak gajinya loh sama, kenapa harus repot?"
Ahh. Ada-ada saja. Tapi dipikir-pikir logic juga. Bwakakaka. Seorang guru yang kedonyan mungkin berfikir nya seperti itu.   Secara empiris hal tersebut ada. Dan sah-sah saja (mungkin) secara hukum. Yang penting administrasi beres, ngajar dikelas, gajian.

Peserta didik membutuhkan hal yang lebih dari itu untuk menjadi manusia. Peserta didik punya cita-cita yang ingin disampaikan, perseta didik butuh kedekatan dengan gurunya. Hmmmm.

Mungkin tidak ada yang salah. Tapi kesadaran diawal lebih bisa memperbaiki pola pikir. Guru anu sekarang juga baru mengerti akan hal tersebut. Hmmm.. guru anu kini berfikir lagi
" Enaknya jadi guru yang serius apa nggak ya? Wong gajinya sama saja.."
Temennya menjawab:
"Gini aja.. hari Senin, selasa harus serius, nggak boleh telat, harus inovatif... Nah terus hari Rabu, kamis, Jumat, itu ya seadanya saja..." Bwakakaka... Guru anu tertawa..



Lantai 4 FST Yogyakarta, 20 April 2018
Fahmi Bastian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chord Sia-Sia (musikalisasi puisi Chairil Anwar)

Chord Sia-Sia (musikalisasi puisi Chairil Anwar) Intro: Cm B E Cm B E A B E E A E Penghabisan kali itu kau datang A B E Membawaku kembang berkarang E A E Mawar merah dan melati putih A B E Darah dan Suci Bridge: Cm B E Cm B E A B E E A E Kau tebarkan depanku A B E A E B E Serta pandang yang memastikan: untukmu. untukmu Bridge: Cm B E Cm B E A B E A B E Lalu kita sama termangu A B E Saling bertanya: apakah ini? A B E Lalu kita sama termangu A B E Saling bertanya: apakah ini? A E B E Cinta? Cinta? A B E Keduanya tak mengerti A B E A B E Sehari kita bersama. Tak hampir-menghampiri A B E A B E Sehari kita bersama. Tak hampir-menghampiri A B E  Ah! Hatiku yang tak mau memberi A B E Mampus kau dikoyak-koyak sepi. A B E  Ah! Hatiku yang tak mau memberi A B E Mampus kau dikoyak-koyak sepi.

Triwikromo (Kesaktian Jawa) dan Obrolan Fisika - Narasi Fisika Fahmi B.

Triwikromo Hallo gaes.. Kali ini saya ingin sharing tentang apa itu triwikromo. Tulisan ini saya buat untuk sharing tentang apa yang saya pahami dan dapatkan. tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan, maka dari itu tulisan ini sangat terbuka untuk di kritik. Oke langsung saja.. Triwikromo itu tentang tiga masa. Yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan. Waktu merupakan suatu hal yang tidak dapat di ulang kembali. Maka dari   itu, kita harus berada pada posisi terbaik, keadaan terbaik, dalam setiap waktu. Karena itu adalah wujud dari memanfaatkan waktu. Dalam ilmu fisika, waktu dianggap parameter yang sangat penting. Waktu akan dijadikan titik titik yang menggambarkan berlangsungnya suatu fenomena. Semisal ada bola yang menggelinding selama 10 detik. Jika di detik pertama kita tidak menendangnya, maka di detik ke dua bola tersebut tidak akan berpindah. Jika kita menendangnya di detik ke 5 maka saat itu juga bola akan berpindah di detik selanjutnya. Itu...

(PDF) Tes Diagnostik Miskonsepsi pada Materi Gas Ideal dan Teori Kinetik Gas dengan Menggunakan Instrumen Berbentuk Soal Pilihan Ganda Beralasan Terbuka

Tes Diagnostik Miskonsepsi p ada Materi Gas Ideal d an Teori Kinetik Gas d engan Menggunakan Instrumen Berbentuk Soal Pilihan Ganda Beralasan Terbuka Betavia Kusindrastuti 1 , Novi Ayu Lestari 2 , Rizka Triana 3 , Syafi’i Fahmi Bastian 4 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jl . Marsda Adisucipto, Telp. (0274) 519739, Fax. (0274) 540971 e-mail: betavia.kusindrastuti1906@gmail.com INTISARI - Konsepsi pembelajaran fisika masing-masing peserta didik berbeda. Peserta didik cenderung kesulitan dalam memahami konsep fisika karena adanya miskonsepsi. Miskonsepsi atau salah konsep menunjuk pada suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang telah diuji dan disepakati para pakar fisika. Miskonsepsi rawan terjadi dalam pembelajaran bila tidak diperhatikan oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gas ideal dan teori kinetik gas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif di ma...