Langsung ke konten utama

Triwikromo (Kesaktian Jawa) dan Obrolan Fisika - Narasi Fisika Fahmi B.


Triwikromo

Hallo gaes..
Kali ini saya ingin sharing tentang apa itu triwikromo. Tulisan ini saya buat untuk sharing tentang apa yang saya pahami dan dapatkan. tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan, maka dari itu tulisan ini sangat terbuka untuk di kritik.

Oke langsung saja..
Triwikromo itu tentang tiga masa. Yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan. Waktu merupakan suatu hal yang tidak dapat di ulang kembali. Maka dari  itu, kita harus berada pada posisi terbaik, keadaan terbaik, dalam setiap waktu. Karena itu adalah wujud dari memanfaatkan waktu.

Dalam ilmu fisika, waktu dianggap parameter yang sangat penting. Waktu akan dijadikan titik titik yang menggambarkan berlangsungnya suatu fenomena.

Semisal ada bola yang menggelinding selama 10 detik. Jika di detik pertama kita tidak menendangnya, maka di detik ke dua bola tersebut tidak akan berpindah. Jika kita menendangnya di detik ke 5 maka saat itu juga bola akan berpindah di detik selanjutnya.

Itu yang disebut dengan hukum sebab-akibat. Newton pernah mengatakan bahwa benda akan selamanya diam jika tidak ada yang membuatnya bergerak. Hal ini sangat sesuai dengan triwikromo. Namun di triwikromo, dijelaskan jauh lebih maknawi yang mampu menggerakkan ruhani.

Apa saja yang kita alami sekarang itu adalah akibat dari masa lalu. Dan apa saja yang terjadi di masa depan itu akibat dari masa sekarang.

Dan itulah yang di maksud triwikromo. Triwikromo adalah menguasai 3 dimensi yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan. Jika ingin menguasai masa depan maka masa kini mu juga harus bagus. Supaya nanti dampaknya dimasa depan jadi bagus.

Kalau di pewayangan, orang yang bisa mengusasai triwikromo ini akan disebut maha raksasa nggak ada yang bisa mengalahkan.

Dosen saya juga pernah menanyakan suatu hal di kuliah mekanika. Beliau bertanya,

“Apa gunanya kita mempelajari materi ini? Kenapa kita belajar tentang waktu, perpindahan dll?”

Semua mahasiswa tidak ada yang bisa menjawab. Lalu beliau menjawab,

“Agar kita bisa memprediksi masa depan”

Oke sekian, dengan ilmu kita bisa memprediksi masa depan, dengan memprediksi masa depan, kita tahu apa yang harus dilakukan sekarang.

Semangat!!!
Terus berkarya!!!

Fahmi bastian
Hat Yai, 5 februari 2019

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chord Sia-Sia (musikalisasi puisi Chairil Anwar)

Chord Sia-Sia (musikalisasi puisi Chairil Anwar) Intro: Cm B E Cm B E A B E E A E Penghabisan kali itu kau datang A B E Membawaku kembang berkarang E A E Mawar merah dan melati putih A B E Darah dan Suci Bridge: Cm B E Cm B E A B E E A E Kau tebarkan depanku A B E A E B E Serta pandang yang memastikan: untukmu. untukmu Bridge: Cm B E Cm B E A B E A B E Lalu kita sama termangu A B E Saling bertanya: apakah ini? A B E Lalu kita sama termangu A B E Saling bertanya: apakah ini? A E B E Cinta? Cinta? A B E Keduanya tak mengerti A B E A B E Sehari kita bersama. Tak hampir-menghampiri A B E A B E Sehari kita bersama. Tak hampir-menghampiri A B E  Ah! Hatiku yang tak mau memberi A B E Mampus kau dikoyak-koyak sepi. A B E  Ah! Hatiku yang tak mau memberi A B E Mampus kau dikoyak-koyak sepi.

(PDF) Tes Diagnostik Miskonsepsi pada Materi Gas Ideal dan Teori Kinetik Gas dengan Menggunakan Instrumen Berbentuk Soal Pilihan Ganda Beralasan Terbuka

Tes Diagnostik Miskonsepsi p ada Materi Gas Ideal d an Teori Kinetik Gas d engan Menggunakan Instrumen Berbentuk Soal Pilihan Ganda Beralasan Terbuka Betavia Kusindrastuti 1 , Novi Ayu Lestari 2 , Rizka Triana 3 , Syafi’i Fahmi Bastian 4 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jl . Marsda Adisucipto, Telp. (0274) 519739, Fax. (0274) 540971 e-mail: betavia.kusindrastuti1906@gmail.com INTISARI - Konsepsi pembelajaran fisika masing-masing peserta didik berbeda. Peserta didik cenderung kesulitan dalam memahami konsep fisika karena adanya miskonsepsi. Miskonsepsi atau salah konsep menunjuk pada suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang telah diuji dan disepakati para pakar fisika. Miskonsepsi rawan terjadi dalam pembelajaran bila tidak diperhatikan oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gas ideal dan teori kinetik gas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif di ma...