Langsung ke konten utama

KIAT-KIAT SUKSES UJIAN MUNAQOSYAH DIJAMIN SAVAGE..!! (disertai dengan alternatif jawaban) – By Fahmi Bastian


KIAT KIAT SUKSES UJIAN SIDANG MUNAQOSYAH DENGAN PREDIKAT “A”, (disertai dengan alternatif jawaban) di jamin SAVAGE..!! – By Fahmi Bastian



Assalamualaikum..

Halo semuanya, salam Pancasila, salam UIN Sunan Kalijaga.. (tolong jangan dipermasalahkan ya)

Yah, seperti biasa, saya ingin mengulas sesuatu yang sebenernya tidak terlalu penting buat anda. Tapi harus anda sadari, pelajaran kadang datang dari sesuatu yang tidak penting. Mungkin tulisan ini tidak membuat anda jadi lebih baik, tapi mungkin juga bisa membuat anda jadi lebih baik. Inti nya, saya tidak peduli, karena anda yang menentukan. Salam Pancasila!!! (pliss jangan protes salam ini).

Oke langsung saja, saya ingin ngasih tips buat kalian agar lancar dalam menghadapi ujian sidang munaqosyah. Ohya, tips-tips ini saya dapatkan melalui interview dari beberapa mahasiswa (bukan mahasiswa teladan) dan juga ada yang berasal dari nasihat dosen. Jadi, kalo kalian dah tau dari mana sumber informasinya, kalian bisa lah ya mempertimbangkan mau pake tips ini atau nggak. Ok?

Ujian sidang munaqosyah adalah ujian dalam bentuk presentasi dan adu gagasan tentang skripsi yang kalian tulis. Biasanya, ujian dilaksanakan selama 1 jam 30 menit.
 Sesi pertama adalah presentasi. Oke.. perlu kalian ketahui bahwa penguji biasanya lebih suka membaca draf dari pada melihat presentasi kalian. Jadi dalam sesi presentasi jangan terlalu lama basa-basi.. kayaknya ga penting sih.. soalnya, dari sekian ratus mahasiswa, pasti basa-basinya sama aja tiap tahunnya. Pengetahuan-pengetahuan umum tidak perlu dijelaskan, kenapa? Karena dosen penguji sudah hapal diluar kepala bos.. 10 menit cukuplah buat presentasi.

Sesi kedua, nah ini yang paling greget.. kalian memasuki sesi pembantaian. Sesi ini adalah sesi tanya jawab. Pliiss, sesulit apapun pertanyaannya,  jawablah dengan tegas dan jangan sampai kelihatan tol*l didepan penguji. Terimalah semua kritik saran dari dosen penguji dengan penuh antusias. Pastikan kalian tatap mata dosen kalian dengan tajam dan penuh keyakinnan. Untuk menunjukan sikap yang lebih profesional, boleh lah kasih sedikit anggukan sambil satuan kedua tanganmu didepan dada (gw bingung jelasin gestur tangan tsb njir).

Nah.. dalam sesi ini pasti kalian disuruh buat merespon dosen penguji, entah respon terhadap pertanyaan, kritik, saran maupun hujatan mereka. Biasanya, ketika mahasiswa diberi kritik dan saran, mereka hanya mendengarkan dan mengangguk. Tanpa ada kata. Sumpah, itu tindakan yang parah menurut saya. Yah paling tidak bilang “ iya, baik Pak, terimakasih” gitu kek. Jangan cuma diem!!! Gak enak tau didiemin!!! (Lah, nganpain gw ngeGas njir). Kalo pingin lebih mantab lagi ya kalian ulangi apa yang dikatakan oleh penguji, karena itu menandakan bahwa kalian benar-benar menerima masukannya. Jangan lupa bumbunya, pujilah kritik sarannya.

Untuk merespon pertanyaan yang familiar buat kalian, tentu tingal jawab saja lah ya.. udah hafal juga kan. Yang penting sih jangan ngalor ngidul, jawab secara jelas dan lugas. Nah buat kalian yang lupa atau ga tau jawabannya gunakan metode IMNT singkatan dari “Iyaa.. Maaf.. Nanti saya perbaiki.. Terimakasih”. Praktisi dari metode ini adalah mahasiswa pefis 15 yang lulus dengan nilai ujian “A”. Dia mengaku bahwa selama sidang, 80% jawaban yang dilontarkan adalah metode IMNT (data belum diverifikasi, LOL). Perlu kalian tahu, bahwa metode tersebut adalah senjata terakhir buat kalian yang gak tau harus jawab apa. 

Jawaban lain yang mungkin bisa kalian coba untuk menjawab pertanyaan dosen penguji adalah “ maaf pak saya tidak paham dengan apa yang anda tanyakan, bisa beri saya pertanyaan lain?”. Respon ini sedikit ekstrim sih, tapi sebenernya respon ini sangat cocok dilontarkan ketika diskusi mulai terasa berbelit-belit atau kehilangan arah. karena sebenarnya dosen itu masih punya banyak pertanyaan untuk mnguji pemahaman anda.

Udahlah ya, yang penting jangan buat dosen kalian kesal. Pakailah etika yang baik dalam berdiskusi. Jangan sampai meninggalkan kesan menjatuhkan diri maupun menjatuhkan dosen pengujimu hingga menimbulkan rasa ga enak setelahnya.
Karena, mahasiswa dan dosen itu sama-sama manusia.. ingin pulang baik-baik saja.. sekian artikel ini saya tulis. Semoga ada manfaatnya.. kalo pun gak ada manfaannya, ya anggep aja ada.. ribet amat.

Salam Pancasila..
Wassalam...


Thanks


Yogyakarta, 3 Maret 2020
Fahmi Bastian



*HIBURAN SEMATA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chord Sia-Sia (musikalisasi puisi Chairil Anwar)

Chord Sia-Sia (musikalisasi puisi Chairil Anwar) Intro: Cm B E Cm B E A B E E A E Penghabisan kali itu kau datang A B E Membawaku kembang berkarang E A E Mawar merah dan melati putih A B E Darah dan Suci Bridge: Cm B E Cm B E A B E E A E Kau tebarkan depanku A B E A E B E Serta pandang yang memastikan: untukmu. untukmu Bridge: Cm B E Cm B E A B E A B E Lalu kita sama termangu A B E Saling bertanya: apakah ini? A B E Lalu kita sama termangu A B E Saling bertanya: apakah ini? A E B E Cinta? Cinta? A B E Keduanya tak mengerti A B E A B E Sehari kita bersama. Tak hampir-menghampiri A B E A B E Sehari kita bersama. Tak hampir-menghampiri A B E  Ah! Hatiku yang tak mau memberi A B E Mampus kau dikoyak-koyak sepi. A B E  Ah! Hatiku yang tak mau memberi A B E Mampus kau dikoyak-koyak sepi.

Triwikromo (Kesaktian Jawa) dan Obrolan Fisika - Narasi Fisika Fahmi B.

Triwikromo Hallo gaes.. Kali ini saya ingin sharing tentang apa itu triwikromo. Tulisan ini saya buat untuk sharing tentang apa yang saya pahami dan dapatkan. tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan, maka dari itu tulisan ini sangat terbuka untuk di kritik. Oke langsung saja.. Triwikromo itu tentang tiga masa. Yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan. Waktu merupakan suatu hal yang tidak dapat di ulang kembali. Maka dari   itu, kita harus berada pada posisi terbaik, keadaan terbaik, dalam setiap waktu. Karena itu adalah wujud dari memanfaatkan waktu. Dalam ilmu fisika, waktu dianggap parameter yang sangat penting. Waktu akan dijadikan titik titik yang menggambarkan berlangsungnya suatu fenomena. Semisal ada bola yang menggelinding selama 10 detik. Jika di detik pertama kita tidak menendangnya, maka di detik ke dua bola tersebut tidak akan berpindah. Jika kita menendangnya di detik ke 5 maka saat itu juga bola akan berpindah di detik selanjutnya. Itu...

(PDF) Tes Diagnostik Miskonsepsi pada Materi Gas Ideal dan Teori Kinetik Gas dengan Menggunakan Instrumen Berbentuk Soal Pilihan Ganda Beralasan Terbuka

Tes Diagnostik Miskonsepsi p ada Materi Gas Ideal d an Teori Kinetik Gas d engan Menggunakan Instrumen Berbentuk Soal Pilihan Ganda Beralasan Terbuka Betavia Kusindrastuti 1 , Novi Ayu Lestari 2 , Rizka Triana 3 , Syafi’i Fahmi Bastian 4 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jl . Marsda Adisucipto, Telp. (0274) 519739, Fax. (0274) 540971 e-mail: betavia.kusindrastuti1906@gmail.com INTISARI - Konsepsi pembelajaran fisika masing-masing peserta didik berbeda. Peserta didik cenderung kesulitan dalam memahami konsep fisika karena adanya miskonsepsi. Miskonsepsi atau salah konsep menunjuk pada suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang telah diuji dan disepakati para pakar fisika. Miskonsepsi rawan terjadi dalam pembelajaran bila tidak diperhatikan oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gas ideal dan teori kinetik gas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif di ma...